Cari:

Hot News
Selengkapnya

Mendesain Buku Tahunan Sekolah (BTS)


BTS (Buku Tahunan Sekolah) adalah buku kenangan siswa di akhir sekolahnya yang memuat foto-foto dia bersama teman-temannya, guru-gurunya, kegiatan-kegiatan sekolahnya, juga lingkungan sekolahnya yang menjadi kenangan manis tak terlupakan.  Kenangan itu kemudian dituangkan dalam sebuah buku memory, buku kenangan, dimana disitu tersimpan juga biodata dan alamat teman-teman dan gurunya sehingga meskipun telah terpisah karena meneruskan studi masing-masing, mereka tetap masih bisa berhubungan nantinya.

Ketika suatu saat Anda tiba-tiba diminta membuat Buku Tahunan Sekolah/ Buku Kenangan Sekolah atau Album Kenangan Sekolah (apapun namanya intinya sama saja), apa yang Anda lakukan.  Anda menyerahkannya pada orang lain? ... Eitss, nanti dulu.  Coba pelajari dulu, Anda bisa mengambil contoh dari BTS teman, atau dari sekolah lain kemudian Anda cari informasi: - berapa sih ongkos cetaknya, dimana percetakannya, apa saja yang dipersiapkan?   Beberapa rekan yang baik hati pasti mau memberikan informasi, yah meskipun mungkin tidak seluruh informasi Anda dapatkan tapi paling tidak Anda mempunyai gambaran ..."Oh, kalau begitu saya juga bisa!" kenapa tidak!? Ini kesempatan, gunakan kreatifitas Anda.  

Untuk pertama kalinya mungkin Anda bingung gimana memulainya terus siapa yang bisa Anda hubungi.  Jangan takut untuk memulai.  Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan.  Anda bisa cari di internet, atau jalan ke percetakan.  Orang percetakan pasti mau memberi informasi berapa harga cetaknya, aplikasi apa yang dipakai, dsb. Sebagai gambaran persiapan yang harus Anda lakukan adalah: - Kalkulasi dulu berapa ongkos cetak, bayar fotografer, desainer buku, transportasi dll - Tentukan harga perbuku berapa jangan sampai Anda rugi - Buat kesepakatan dengan pihak sekolah, dan kepastian pembayarannya (biasanya DP 1/3-nya) Setelah "deal" langkah selanjutnya adalah: - Pengumpulan biodata siswa dan guru - Pemotretan siswa, guru, gedung sekolah, inside sekolah - meminta copy file2 foto kegiatan sekolah Setelah semua data Anda pegang, langkah selanjutnya adalah mengetik data dan mendesain bukunya.  Kalau tidak mau repot Anda bisa menyerahkan pada tukang desain.  Tapi Anda kena biaya lagi, kenapa Anda tidak coba ketik sendiri dan desain sendiri.  Anda bisa meminjam BTS yang sudah ada, meskipun tidak sama persis yang jelas Anda punya gambaran.  

Selanjutnya kreatifitas Anda sendiri, Anda puas dengan karya sendiri dan tidak takut salah data karena Anda tahu dari awalnya. Tapi jika pas di depan komputer pikiran Anda "blank", jangan kawatir kami tawarkan format yang siap Anda pakai, atau Anda edit sesuka hati Anda.  Format ini sudah kami pakai bertahun-tahun setelah konsultasi dengan pihak percetakan.  Sehingga waktu ke percetakan tinggal bawa CD terus siap cetak.  Selama ini tidak ada masalah.  Standarnya yang umum dipakai adalah format ukuran A4, dengan perhitungan margin kiri dan kanan (untuk finishing dan penjilidan), sehingga tidak ada bagian yang terpotong atau tidak kelihatan karena kena jilid (halaman ganjil dan halaman genap berbeda). Jika Anda mau Anda bisa download format ini. File format Corel Draw 14 (62 files, 121 MB), file di-zip (password akan kami kirim via e-mail pada Anda).  Kami tawarkan Rp. 20.000,- dan Anda download disini.  Setelah download hubungi kami : budi.sma95@gmail.com Kami lagi melirik printer berikut, kalau cost-nya lebih murah kenapa harus ke percetakan? Saran Printer:

FUJI XEROX DocuPrint CM205BFUJI XEROX DocuPrint CM205B Printer Multifungsi, Recomended untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), Toner bisa refil sendiri.
HP Color Laserjet Pro 200 M275NW MFP [CF040A]HP Color Laserjet Pro 200 M275NW MFP [CF040A] Printer Multifungsi, Cocok untuk UKM (Usaha Kecil Menengah), Bisa scan 3 dimensi
BROTHER DCP-J725DWBROTHER DCP-J725DW Printer inkjet multifungsi, tinta 85.000an per catridge, cetak warna speed = 27ppm, bw = 35ppm woow...

catatan: file dalam blog ini menggunakan password. Silahkan menghubungi via e-mail ke budi.sma95@gmail.com kami akan kirimkan password-nya.

Adsense Indonesia

An ounce of practice is worth more than tons of preaching.
Satu ons praktek lebih bernilai daripada satu ton khotbah
(Mahatma Gandhi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar