Cari:

Hot News
Selengkapnya

Memodifikasi Blog - Mengubah Blog Menjadi 3 kolom


Setelah berhasil membuat blog, atau setelah anda login ke akun gmail dan masuk situs blogger anda maka anda dapat menyesuaikan atau mengubah tampilan template yang sederhana menjadi 3 kolom dan lebarnya bisa anda atur sendiri.  Sekedar saran sebaiknya modifikasi yang anda lakukan sebaiknya sebelum anda "entri postingan" agar anda bisa menyesuaikan format postingan nantinya dan tidak berantakan.  Tapi jika anda sudah terlanjut membuat beberapa postingan tidak masalah juga, yang penting anda cukup sabar untuk men-cek kembali postingan anda apakah berantakan atau tidak.  Jika tidak ya nggak apa-pa, jika berantakan anda bisa edit kembali postingan anda.

Langkah-langkah memodifikasi blog menjadi 3 kolom adalah sebagai berikut:
  1. Buka blog anda seperti ini

  2. Klik pada nama blog anda (lihat gambar: lingkaran biru)
  3. Kemudian anda akan masuk pada area modifikasi.  Klik "Template"
  4. Maka akan muncul beberapa pilihan template, pilih sesuka hati anda. Sebagai contoh kita memilih template seperti pada gambar berikut:
  5. Setelah itu kemudian akan muncul bentuk tampilan blog yang masih apa adanya, kosong.  Sebelum diterapkan pilih "Sesuaikan" terlebih dahulu.
  6. Setelah memilih "Sesuaikan" kemudian anda akan dibawa untuk menyesuaikan template yang anda inginkan.
  7. Langkah berikutnya tentukan dahulu "Tata Letak" seperti gambar berikut: - Pilih menjadi 3 kolom dan bagan kaki 2 kolom (atau 3 kolom terserah anda).
  8. Berikutnya adalah menyesuaikan lebar.  Klik pada menu "Sesuaikan Lebar."  Geser bar sesuai keinginan.  Misal seperti gambar berikut (lebar seluruh blog menjadi 1000px, lebar bilah kiri 200-230px, lebar bilah kanan 200-230px, anda bisa ubah sesuai kebutuhan):
  9. Nah sekarang template sudah menjadi 3 kolom dengan lebar yang anda tentukan.  Setelah selesai jangan lupa simpan perubahan dengan klik pada tombol "Terapkan ke Blog".  Atau jika anda belum puas anda bisa lihat preview-nya dengan klik pada menu "Lihat Blog".  Sesuaikan lagi jika memang belum pas, jika sudah pas dengan keinginan anda klik tombol "Terapkan ke Blog" tunggu beberapa saat proses perubahan dan penyimpanan berlangsung.  Kemudian setelah proses selesai klik pada menu "Kembali ke Blogger".

Selesai untuk tahap ini, blog anda sudah menjadi 3 kolom dengan lebar sesuai keinginan anda.

Baca tutorial berikutnya: Memodifikasi Blog - Tingkat Lanjut
atau tutorial sebelumnya : Belajar Membuat Blog - Dasar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar